Rabu, 27 Mei 2009

Tips Rumah: Memilih Warna Cat Rumah


Renovasi rumah dapat berhasil dengan baik jika ada perencanaan. Sebelum Anda melakukan renovasi rumah, biasanya Anda mulai membuat perencanaan yang matang untuk mengubah bagian apa saja dari sebuah rumah. Misalnya pagar rumah akan diganti dengan model baru atau model yang lebi minimalis atau bahkan pagar tanaman. Bisa jadi Anda juga ingin mengubah penampilan dapur Anda agar menjadi dapur modern yang bersih dan sehat. Bahkan mungkin Anda akan mengubah desain kamar mandi agar tampak lebih modern dan bersih serta hemat air.

Di samping semua perencanaan tersebut, satu hal yang pasti menjadi perhatian Anda adalah menentukan warna cat rumah. Bisa jadi, Anda akan membedakan warna setiap ruangan atau membuatnya sama untuk seluruh rumah. Yang menarik bahwa warna cat setiap ruangan bisa mempengaruhi mood atau suasana hati seseorang.

Bagaimana warna ruangan bisa mempengaruhi mood seseorang saat berada di dalam ruangan tersebut? Apa saja makna dan pengaruh warna ruangan bagi suasana hati atau mood orang yang berada di dalamnya? Berikut ini beberapa penjelasan menarik mengenai pengaruh psikologi warna ruangan terhadap mood seseorang. Karena itu, pilihlah warna yang tepat sebelum Anda melakukan renovasi rumah Anda. Berikut ini beberapa warna utama yang bisa digunakan sebagai warna ruangan. Namun setiap warna bisa memiliki intesitas kekuatan warna yang berbeda-beda. Warna-warna di bawah ini dikelompokkan berdasar golongan utama penamaan warna dan bukan intensitasnya.

  • Merah

    Merah biasanya menampilkan kesan memiliki energi penuh, aktif, semangat dan kehangatan. Namun, merah dengan intensitas kuat bisa memberi kesan marah ataupun ambisi.
  • Kuning

    Kuning menggambarkan energi yang baik dan semangat seperti halnya matahari. Bisa juga melambangkan kemakmuran dan kemewahan seperti halnya emas yang berwarna kuning.
  • Oranye

    Warna oranye dapat memberi kesan ceria, hangat, bahagia, penuh energi dan membangkitkan semangat. Anda dapat memberi warna ini untuk ruang makan.
  • Putih

    Putih merupakan warna netral yang cocok dengan warna apapun. Putih melambangkan kebersihan, netral, dan murni. Jika berlebih, warna putih akan menampilkan kesan dingin dan steril.
  • Abu-abu

    Warna abu-abu biasa digunakan untuk rumah bergaya minimalis. Warna ini dapat menampilkan suasana stabil, luas, menentramkan. Namun berhati-hatilah karena terlalu banyak menggunakan warna abu-abu akan membuat suasana dingin dan luas secara berlebihan.
bloglines.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar